Pages

Ads 468x60px

27 November 2014

Makan Makan : D'Gejrot Kemek Yogyakarta

Kemarin, hari rabu 26 November 2014. saya mendapatkan kesempatan mencicipi kuliner di daerah jogja. (sebenarnya sudah masuk ke sleman) di sekitaran kampus UGM. saat diajak ke warung makan ini, saya sempat kaget karena memang posisinya dari jalan tidak terlihat adanya warung makan. hanya terlihat seperti gang sempit dan ketika saya memarkirkan motor baru terlihatlah warung makan D'Gejrot Kemek.

Mural Di sisi tembok warung makan D'Gejrot Kemek

nama yang unik dengan mengusung gelar "Pelopor Ayam Gejrot" ini cukup mengundang penasaran. memangnya ayam gejrot itu seperti apa. saya taunya hanya tahu gejrot khas cirebon berupa tahu goreng yang disiram kuah cuka dan ulekan cabe hijau. apakah disini juga menggunakan kuah cuka?

usul punya usil, ternyata warung makan ini dimiliki oleh mahasiswa S2 Peternakan UGM yang berasal dari Jakarta. pantas saja namanya D'Gejrot Kemek. kemek dalam bahasa betawi (bahasa orang jakarta) artinya makan. jadi klo diartiin sich makan gejrotan gt x y. hahaha

saya memesan menu Mpok AYE berupa nasi dan ayam goreng. ada menu lain seperti Cang UTE (telur tempe) atau Pak ERTE (telur tahu) dengan pilihan tingkat kepedasan S, M, L, XL. cukup unik dengan nama makanan yang beragam dan juga adanya level kepedasan.
Menu Mpok AYE D'Gjerot Kemek
penyajiannya menggunakan piring rotan dilapisi kertas nasi. mungkin tujuannya agar tak perlu repot mencuci piring dan tidak menggunakan sabun cair yang bisa merusak lingkungan. menu Mpok AYE berisi nasi putih dengan irisan nanas muda diatasnya dan juga 2 irisan mentimun. ayam gorengnya dilumuri bumbu yang kemudian digejrot (diremukkan). teman saya mengatakan bahwa bumbu ini mirip bumbu masakan padang, saya sendiri kurang paham soal bumbu. hahaha. ayam gorengnya empuk dan mudah untuk dicabik-cabik. rasanya menggugah selera dan nanasnya memberikan cita rasa berbeda setelah menyantap ayam goreng. oiya, saya memilih level kepedasan S (saya tidak terlalu suka pedas) sehingga tidak bisa memberikan gambaran sensasi makan di level kepedasan lebih tinggi.

harganya cukup terjangkau karena berada di area kampus dan kostan mahasiswa. cukup mudah dijangkau dari jalan kaliurang. bagi kamu yang ingin mencoba sensasinya, silahkan mengunjungi warung makan D'Gejrot Kemek.

Alamat : Jl. Kaliurang KM. 5 Gang Megatruh CT II E-1, Tawangsari, Caturtunggal, Depok, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281, Indonesia

Jam Buka : 12:00 – 22.30 


 


Magelang, 27 November 2014


@ZuhriUtama


0 comments:

Post a Comment