Pages

Ads 468x60px

30 March 2015

Book $100 STARTUP - Chris Guillebeau


belakangan ini saya mulai menyukai buku-buku kepribadian khususnya terkait self development. salah satunya adalah buku $100 STARTUP karya Chris Guillebeau yang diterjemahkan ke bahasa indonesia.

sejujurnya saat membeli buku ini saya hanya tertarik dari cover bukunya yang berwarna cerah dan ilustrasi yang menarik. kemudian saya coba lihat contoh buku yang ada kemudian saya semakin tertarik dengan bahasa yang digunakan. chris menyampaikan tips-tips dan saran dalam mengembangkan sebuah ide bisnis menjadi usaha yang nyata dengan langkah-langkah yang mudah dan kisah-kisah nyata dari orang-orang yang berhasil merealisasikan ide mereka menjadi bisnis.

pada bab-bab awal, chris lebih banyak menyampaikan kisah-kisah nyata dari berbagai pelaku bisnis yang dimulai dari ide sederhana menjadi sebuah bisnis. tidak semua pelakunya adalah pebisnis dari awal. ada beberapa korban PHK yang ternyata bisa memulai bisnis dari ide sederhana.

selain itu, banyak kisah-kisah yang menceritakan tentang para pelaku bisnis yang memulai bisnis dari hobi mereka. namun chris menegaskan untuk berfokus pada "menghasilkan uang". karena bisnis memang seharusnya menghasilkan. permasalahan para pelaku bisnis yang memulai dari hobi adalah mereka terlalu menikmati hobi mereka hingga lupa untuk mengerjakan hanya yang menghasilkan uang saja.

tips lain memaparkan tentang pengembangan bisnis yang sudah ada dengan sedikit perubahan bisa meningkatkan hasil yang banyak. chris juga memberikan poin-poin penting yang kadang terlihat sulit namun ternyata menjadi mudah. seperti saat pelaku bisnis ingin menaikkan harga produk mereka, ataupun bagaimana menentukan harga dari sebuah produk. buku ini membahas dengan jelas hal-hal tersebut.

buku ini sangat cocok bagi para pelaku bisnis baik besar maupun kecil, freelance maupun legal ataupun para calon pebisnis.

1 comments: