Pages

07 March 2015

One day Trip Semarang - Jepara

Bismillaah....

terbangun di sabtu pagi dalam sebuah kamar mess yang berada ditengah-tengah kawasan industri wijaya kusuma mangkang - semarang. weekend di mess sama aja kayak di kuburan. sepiiii.......

setelah senam pagi mengikuti instruksi di aplikasi android hape bernama 7 minutes workout, akhirnya muncul ide dadakan pengen jalan-jalan yang agak jauh. bosen muter2in semarang. akhirnya ada ide mau ke jepara karena pintu masuk ke kepulauan karimun jawa yang menjadi salah satu destinasi impian adalah dengan menyebrang menggunakan kapal dari pelabuhan jepara.

setelah mandi dan beres-beres kamar, jam 9 pagi mulai beranjak ke halte trans semarang karpet menuju terminal terboyo dengan transit di halte balaikota. dengan tiket seharga 3500 rupiah, saya tiba di terminal di terminal terboyo pukul 9.40 pagi. masuk ke terminal, petugas trans langsung meneriakkan "jeporo...jeporo.... turun dari depan", saya pun bersegera turun dan langsung naik micro bis (seukuran metromini) yang bertuliskan Semarang - Welahan - Jepara.

bis mulai beranjak meninggalkan terminal menuju timur jawa. cuaca cerah dan panas. kemudi bis dikendalikan dengan liar dan laju bis pun terasa menyeramkan. sesekali supir bis bermanuver dengan cepat. saya sarankan bagi anda yang mudah mabuk darat untuk mempersiapkan diri karena dari berangkat hingga pulang, kedua bis dijalankan secara liar.

estimasi waktu adalah 2,5 jam. tak jauh dari terminal, kami sudah memasuki kabupaten demak namun kotanya masih jauh di depan. sesampai di pinggir kota depan, bis berbelok melalui lingkar selatan kota demak menuju jalur demak-kudus. tiba di persimpangan, bis berbelok ke arah utara menuju jepara melalui welahan. sepanjang perjalanan, tidak terlalu bagus pemandangannya. hanya sesekali area persawahan yang diselingi dengan pabrik-pabrik.

memasuki daerah welahan, mulai terlihat toko-toko kerajinan ukir karena memang kota jepara khas dengan seni ukiran kayu khas jepara. cuaca berganti menjadi gerimis dan mulai deras memasuki kota jepara. kota jepara memang tidak terlalu besar, tidak nampak bangunan-bangunan bertingkat. suasana kota dikenali dengan mulai bermunculan ruko dan toko sepanjang perjalanan dengan trotoar yang tertata rapi.

destinasi wisata saya adalah pantai kartini. selama perjalan menuju jepara, saya sempatkan browsing untuk tempat wisata di jepara. sejujurnya memang saya tidak ada persiapan matang, hanya sekedar go and fun saja. saya pun hanya membawa tas kecil berisi botol minum, buku, roti, buah dan uang cash secukupnya.

oiya, ongkos bis semarang - jepara seharga 15.000 rupiah. tapi di awal perjalanan, saya memberikan uang 20 ribu dan tidak dikembalikan. tak apalah, saya memang salah karena tidak memastikan terlebih dahulu. saya tiba di terminal jepara saat adzan dzuhur. setelah menunaikan sholat dzuhur dan jama' ashar, saya pun bertanya akses dari terminal ke pantai kartini. ternyata sebenarnya tak jauh. jika saya turun di pertigaan sebelum terminal, saya bisa berjalan ke pantai kartini sekitar 500 meter. tapi karena kepalang sudah sampai terminal dan jarak dari terminal ke pertigaan tersebut 500 meter. berarti total 1 km saya harus berjalan dari terminal ke pantai kartini. akhirnya saya memutuskan naik becak. dtawarkan harga 20.000, saya pun menawar untuk 10.000 dan setuju.

pantai kartini berada didalam taman rekreasi kartini, tiket masuknya seharga 5.000 rupiah. suasana lengang dan sepi. terasa bukan akhir pekan. setelah bertanya, ternyata pantai kartini ramai pada hari minggu, sedangkan saya datang di hari sabtu. tak apalah, saya lebih menikmati suasana sepi seperti ini.
Patung R.A Kartini di taman rekreasi kartini

pantai kartini bersebalahan dengan dermaga kapal yang menghubungkan antara jepara dengan karimun jawa. jadi jika anda hendak menyebrang ke karimun jawa, maka dermaganya berada di sebelah kiri saat anda menghadap taman rekreasi kartini. setelah melewati area parkir, dibelakang ada taman dengan patung R.A Kartini setengah badan. dari situ anda akan melihat bangunan kura-kura raksasa yang bernama Kura-Kura Ocean Park. dibangun oleh pemerintah jepara untuk menambah daya tarik kota jepara yang lebih dominan dipenuhi oleh objek wisata alam.

Kura-Kura Raksasa

Kura-Kura Ocean Park berupa pusat edukasi terkait dengan hewan laut. tiket masuknya seharga 17.500 dan lucunya adalah kembalian 500 berupa coklat koin. hahaha. jadi teringat masa kecil dengan jajanan bernama coklat koin berlapis kertas emas. di dalam bangunan berbentuk Kura-Kura (saya rasa lebih tepat dikatanya penyu) terdapat akuarium-akuarium berisikan hewan-hewan laut yang didominasi oleh ikan air asin. di bagian tengah terdapat lorong memasuki dunia bawah air yang merupakan lorong melintasi akuarium raksasa (seperti di seaworld ancol). terdapat beberapa jenis ikan termasuk hiu berukuran sedang. sayangnya tidak ada manta ray maupun ikan pari didalamnya. ular laut pun tak ada.
Pintu Masuk Kura-Kura Ocean Park
Tiket Masuk Kura-Kura Ocean Park

di lantai dua terdapat arena edukasi berisikan permainan edukasi dan juga ada bioskop mini yang memutarkan film 3D selama 20 menit. untuk menikmati film 3D, anda dikenai biaya 5.000 rupiah. terdapat 3 film yaitu film dinosaurus, roller coaster dan dunia bawah laut. sayangnya kualitas filmnya buruk sehingga kurang terasa efek 3Dnya. tapi cukup menghibur dengan biaya yang terjangkau.
Loket Masuk 3D
Tiket Masuk 3D

di area belakang juga terdapat ruang terapi ikan berupa akuarium berisi ikan-ikan kecil dimana anda memasukkan kaki anda dan menikmati sensasi geli di kaki anda saat ikan-ikan tersebut memakan mikroorganisme di kaki anda. biayanya 20.000 rupiah selama 1 jam. jika bosan di dalam ruangan, anda bis keluar ke teras berupa kaki kura-kura yang langsung menghadap ke laut.
ruang Terapi Ikan

setelah puas menikmati spot-spot menarik di kura-kura ocean park, saya menuju jembatan berbentuk setengah lingkaran yang berada di belakang kura-kura ocean park. masuk dari sebelah kanan atau kiri bangunan ocean park. anda bisa melihat laut lebih dekat melalui jembatan ini yang juga terdapat beberapa pendopo untuk duduk dan menikmati angin laut. anda juga bisa melihat aktivitas warga setempat yang sedang memancing di tengah laut yang hanya sedalam dada orang dewasa. ada juga anak muda yang memancing menggunakan senapan dengan tombak kecil diujungnya.
Foto dari Jembatan

tak jauh dari jembatan terdapat dermaga kecil dengan beberapa perahu tertambat yang menawarkan jasa transportasi ke pulau panjang yang terlihat dari pantai kartini. pulau panjang memiliki pantai berpasir yang lebih bersih ketimbang pantai kartini yang berupa karang. berjarak hanya 15 menit menggunakan perahu. ongkos pulang pergi seharga 15.000 per orang dan satu kapal bisa menampung 35 orang penumpang.
Area Dermaga Kapal Menuju Pulau Panjang

jika anda berencana menginap, terdapat beberapa homestay di pantai kartini. ada samudra hotel, kota baru home stay dan lainnya. saya menyempatkan mampir ke kota baru home stay dan mendapat info untuk kamar Non AC seharga 110.000 bisa diisi untuk 2 orang, kamar AC seharga 165.000 dan kamar AC dengan kamar mandi di dalam seharga 185.000. harga berlaku sama baik hari kerja maupun akhir pekan.
Ikon Pantai Kartini

setelah 2 jam berkeliling pantai kartini. sebelum pulang, saya sempatkan berfoto di icon pantai kartini dan beranjak kembali ke terminal jepara. pukul 15.00 saya sudah berada di bis menuju semarang. pukul 17.00 saya tiba di terminal terboyo dan segera mengejar trans semarang untuk kembali ke daerah mangkang karena trans semarang hanya beroperasi hingga pukul 18.00.

beberapa hal yang harus disiapkan jika anda ingin berwisata ke kawasan pantai kartini, jepara :
  1. siapkan uang tunai. di terminal jepara dan pantai kartini tidak tersedia atm sehingga anda perlu menyiapkan uang tunai sebelumnya. sesuaikan dengan budget kebutuhan anda selama disana.
  2. jika anda menggunakan bis semarang, minta diturunkan di pertigaan pantai kartini. berjalanlah lurus sesuai petunjuk. selama tidak hujan, jaraknya tidak terlalu jauh. hemat budget anda.
  3. jika anda ingin berenang, sebaiknya menyeberang ke pulau panjang karena pantainya berpasir dan lebih bersih.

pengeluaran selama perjalanan :
  • tiket trans semarang PP 7.000
  • ongkos bis semarang - jepara PP 30.000
  • ongkos becak terminal jepara - pantai kartini PP 30.000
  • tiket masuk taman rekreasi kartini 5.000
  • tiket masuk kura-kura Ocean Park 17.500
  • tiket masuk theatre 3D 5.000
total :  94.500 Rupiah (tidak termasuk pengeluaran pribadi untuk makan dan toilet).

selamat berpetualang kawan. terima kasih sudah menyempatkan membaca cerita perjalanan sehari saya. tunggu cerita lainnya disini :)