Pages

Ads 468x60px

23 March 2015

Berubah itu memang aneh

Semua orang mau BERUBAH, tapi tidak semua orang mau DIUBAH
gambar : growglowgo.wordpress.com

kutipan kata dari pak Rhenald Kasali dari bukunya yang berjudul Let's Change. jika bicara soal berubah (dalam arti sikap. bukan berubah macam baja hitam RX) mungkin sudah puluhan kali saya mencoba. setiap kali berusaha memperbaiki diri (tentunya setiap orang ingin berubah menjadi lebih baik bukan?) selalu saja berakhir dengan kembali menjadi orang yang sama.

ternyata benar sebuah kalimat yang berkata "kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda". karena terlalu seringnya saya gagal menjadi orang yang lebih baik, saya bosan juga akhirnya. selalu saja gagal dan akhirnya mengulangi perbuatan yang sama. saya pun sudah bosan dengan kegagalan itu.

bicara soal perubahan, memang berubah itu aneh. bukan cuma diri kita, orang lain disekitar kita pun akan merasakan keanehan atas perubahan sikap kita. saya sendiri sampai ditanya "kamu sehat?" hanya karena saya mengubah panggilan kepada kawan saya. itu baru satu perubahan tapi orang lain sudah merasa aneh. bagaimana jika sikap saya berubah 180 derajat? wah mungkin bisa dibilang gila saya. hehehe

tapi kembali teringat kalimat lain "alah bisa karena biasa". jika saya konsisten terhadap sikap saya yang baru, mereka akan terbiasa dengan sendirinya dan akan mengubah pandangannnya dengan sikap saya yang baru. jadi saya tidak perlu khawatir terhadap tanggapan kawan saya. selama saya berubah sikap menjadi lebih baik (in syaa allaah).

seperti ulat yang berubah menjadi kupu-kupu. rasanya tidak nyaman harus membungkus diri dengan lapisan yang menyelimuti diri dalam gelap. tidak makan dan hanya menggantung terbalik di batang pohon. tapi sang ulat bersabar, ia tau bahwa rasa tidak nyamannya hanyalah sebentar karena ia akan menjadi sesuatu yang lebih baik selamanya. lebih baik mengorbankan diri dengan rasa tidak nyaman selama beberapa waktu tapi akan menuai hasil untuk waktu yang lama. itulah arti dari perubahan.

ada kalimat lain yaitu "no pain no gain". tidak ada yang kita dapatkan tanpa rasa sakit. setiap hal yang ingin kita dapatkan harus dilalui dengan rasa sakit. sakit di badan, sakit di perasaan, sakit di hati dan rasa sakit lainnya yang sebenarnya sedang memperbaiki diri kita yang sakit agar menjadi pribadi yang sehat kembali. nikmati rasa sakitmu dan kamu akan dapatkan apa yang tidak orang lain rasakan sakitnya.

meninggalkan zona nyaman itu memang tidak menyenangkan. seperti setiap pagi saat bangkit dari kasur yang nyaman untuk membuka mata dan mulai kegiatan pagi, rasanya memang tidak menyenangkan tapi karena dengan bangun dari tempat tidur kita akan mendapatkan sesuatu yang baru maka kita akan terpaksa bangun dan segera bersiap. jadi sebenarnya setiap hari kita selalu dilatih untuk keluar dari zona nyaman dan ternyata kamu punya kemampuan untuk itu.

selamat berubah. menjadi pribadi yang lebih baik setidaknya untuk diri kita sendiri. :)

0 comments:

Post a Comment