Pages

Ads 468x60px

07 November 2014

06 Nov 14 : Jogja, Magelang dan Boyolali

hari ini saya akan bertemu dengan kawan-kawan dari jogja dan boyolali. tujuan mereka sich pengen nengokin mbak emi yang akhirnya ketauan juga penyakitnya apa. ternyata mbak emi sakit DB dan setelah ketahuan penyakitnya apa malah disuruh pulang sama dokternya (aneh bener).

Janjian di rumah sakit jam 10 pagi sesuai jam besuk. saya sudah bersiap-siap sebelumnya dengan  berangkat lebih pagi karena mau sarapan di luar saja. rencananya sich di sekitar alun-alun kota magelang. pukul 8 pun saya berangkat menuju perlintasan angkot jalur 3 yang menuju alun-alun magelang.

Pojok Kuliner Alun-Alun kota Magelang

dalam 30 menit pun saya sudah sampai di alun-alun. langsung menuju salah satu warung makan tenda yang berada di sepanjang sisi utara alun-alun. saya pilih nasi rames dengan sayur tahu dan semur telor bebek.

Nasi Rames dengan sayur tahu dan telur bebek
selain itu terdapat juga mie ayam, bakso, nasi pecel, nasi gudeg dan menu sarapan pagi lainnya. suasana alun-alun santai dengan beberapa orang yang sarapan dan juga ada yang sibuk berfoto patung kuda yang berada di lapangan.

setelah saya membayar seharga 9 ribu rupiah untuk nasi rames saya, saya pun berjalan di sekitar alun-alun sambil menunggu mbak eva yang sedang menuju kesini (katanya baru selesai ngepel). saya pun tiba di seberang masjid agung kota magelang. masjid yang megah dan terasa cukup tua ini memberikan pemandangan yang menyejukkan bagi jiwa saya.

sambil duduk di bangku taman dan memandang keriuhan jalan yang mulai dipenuhi kendaraan namun tetap lancar dan tertib. beberapa anak sekolah sedang berolahraga dan beberapa orang tua yang berpakaian batik sedang duduk menunggu sesuatu (di akhir hari saya baru tau kalo mereka ternyata sedang menunggu kepulangan jamaah haji).

pukul 9 pagi (lebih banyak), mbak eva muncul dan kami segera meluncur ke rumah sakit harapan untuk bertemu dengan mbak emi yang sedang mengurus surat-surat kepulangannya. saya pun melipir sebentar karena ada pekerjaan yang harus saya selesaikan sambil menunggu kawan-kawan dari jogja dan boyolali tiba.

rencana awalnya adalah mbak asih dari boyolali akan naik kereta menuju jogja lalu dijemput oleh mak na (nama aslinya ratna zakiyah, cm lebih akrab disapa mak na) kemudian bersama mbak dianka dan keluarga dengan mobil menuju ke magelang. ternyata mbak dianka mengabarkan tidak jadi datang karena anaknya azka yang baru berumur beberapa bulan nguring (nangis2 gitu) dan agak demam sehingga hanya mbak asih dan mak na ke magelang menggunakan bus.

karena waktu besuk hanya sampai jam 12 siang sedangkan mereka berdua masih diperjalanan maka saya dan mbak eva mengusahakan untuk mbak emi bisa pulang siang ini (rencana awalnya sore). ternyata mbak emi bisa pulang siang ini. mbak asih dan mak na diminta langsung ke rumah mbak emi. saya, mbak eva, mbak emi dan ibunya mbak emi pun bersiap untuk pulang.

mbak eva pamit pulang duluan karena ada jadwal mengajar dan saya ikut mbak emi naik taksi. sampai rumah mbak emi, mak na dan mbak asih sudah tiba. kami pun mengobrol sambil menikmati cemilan khas magelang yang tadi dibawa mbak eva.

Makanan Cemilan Khas Magelang (hampir ludes dimakan. hahaha)
pukul 4 sore pun kami pamit. saya, mbak asih dan mak na akan ke jogja. mbak asih mengejar kereta jogja-solo pukul 17.40 sedangkan saya berencana mengambil motor yang akan dipinjamkan oleh mbak dianka untuk saya pakai selama di magelang. dengan menumpang angkot jurusan kalinogoro, kami pun meluncur ke terminal magelang yang kemudian menyambung dengan bus semarang-jogja.

sepertinya mereka berdua lelah, tiba di bis pun mereka sudah terlelap dan saat waktunya membayar, akhirnya saya yang membayar agar mereka bisa istirahat. sesaat sebelum tiba di terminal jombor, jogja. saya sempat terlelap sebentar dan dibangunkan karena mak na bertanya apa saya sudah membayar tiket bus. saya katakan sudah tapi kernet bus yang sudah kepalang menerima uang 50 ribu dari mak na malah hanya mengembalikan 40 ribu. padahal saya sudah membayar full kami bertiga sebesar 30 ribu (satu orang 10 ribu dari magelang ke jogja). huff, kernet yang seenaknya. saya pun urung untuk menegur.

kami berpisah di terminal jombor, mak na mengantar mbak asih ke stasiun lempuyangan dengan motornya yang dititipkan di terminal. saya pun melanjutkan dengan trans jogja jalur 2B menuju halte kentungan yang berada di lampu merah JaKal (Jalan Kaliurang). sudah cukup sore ketika tiba disana dan sudah tidak ada angkot menuju jakal km 14. saya pun ditawari ojek dengan harga 25 ribu. hmm, saya pilih menunggu mak na yang selesai mengantar mbak asih di stasiun.

sambil menunggu mak na datang, saya mencari masjid dan sholat maghrib dulu. selesai sholat maghrib, mak na pun datang dan kami berdua (tentunya saya yang membawa motornya) menuju ke rumah mbak dianka. mampir sebentar di warung bakmi jogja untuk menyantap bakmi goreng dan es jeruk hangat (benar-benar hangat cenderung dingin) seharga 25 ribu untuk kami berdua.

sesampai di rumah mbak dianka, mak na langsung pamit pulang. saya mengobrol sebentar lalu kembali ke magelang dengan membawa motor suzuki dan titipan air kangen water untuk aka. yup, besok saya akan menjemput aka yang sedang menempuh pendidikan pesantren di gontor 6 magelang.

setelah sejam menempuh perjalanan malam dengan rasa kantuk, saya pun tiba di kostn dan terlelap kemudian. how wonderful journey today.