Pages

Ads 468x60px

10 November 2014

09 Nov 14 : Al-Lughotil 'Arabiyyah

Bismillaahirrahmaanirrahiim......
Yaa ayyuhal muddatstsir..... Qum Fa andzir....

saya terbangun seperti biasa. 5 menit sebelum adzan subuh. alarm yang ini sangat ampuh untuk membangunkan saya seberapa larut pun saya tidur (bahasanya bener g y?). yup, ini adalah rekaman surat al-muddatstsir yang artinya Orang-orang yang berselimut. saya pun menyampirkan bed cover pink motif bunga-bunga yang super hangat dan bantal coklat bercorak kulit macan (ini bukan properti saya, serius).

waktu menunjukkan pukul 3.45 pagi. berarti subuh pukul 3.50. Sambil menunggu lantunan adzan subuh, saya pun bergegas membersihkan diri. hari ini adalah hari pertama saya akan ikut kursus bahasa arab di jogja, tepatnya di masjid Amal Mardiyah UGM sesuai dengan informasi dari mak na yang mengatakan bahwa kursus bahasa arab baru saja dimulai hari ini.

kelas dimulai pukul 6 pagi, paling lambat jam 6.30 pagi. saya pun menghitung waktu tempuh dari magelang ke jogja, kurang lebih satu jam. seusai sholat subuh di surau, saya pun mandi dan menyiapkan kebutuhan yang harus dibawa. buku, pulpen, botol minum dan lainnya. pukul 4.50, saya mengeluarkan motor dan berangkat menuju jogja.

Jalanan masih sepi, tak banyak kendaraan pribadi. hanya truk-truk engkol yang mengangkut barang atau yang kosong. melaju dengan kecepatan 70km/jam. menikmati suasana jalan luar kota di awal pagi. rasa dingin yang sedikit menusuk cukup menimbulkan rasa alergi dingin di tubuh. semoga tidak muncul bentol2 seperti kemarin.

pukul 5.45 saya tiba di masjid Amal Mardiyah UGM, sepi. hanya ada 2 orang laki-laki remaja yang sedang membersihkan ruangan masjid. saya pun menunggu di depan masjid sambil menyelesaikan buku yang kemarin dibeli. mak na belum berangkat. seperti biasa, paling lambat pukul 6.30 dia sampai. beberapa akhwat sudah tiba. seorang ikhwan datang, saya pun bertanya mengenai kelas hari ini.

pukul 6.30 suasana kelas sudah cukup banyak. beberapa akhwat sudah datang. ikhwannya baru 3 orang. seorang akhwat membuka kelas dan berbicara melalui hijab di tengah ruangan. hari ini ada pre-test penempatan untuk melihat tingkat pemahaman kita terhadap ilmu nahwu. soal berupa essai yang cukup mudah, saya mentok di satu soal mengenai i'rab dan saya coba menjawab seingat saya.

pukul 7 pagi, ustadz pengajarnya datang. beliau orang yang ramah dan humoris. masih cukup muda, kelahiran 80an kata mak na. suasana kelas sangat hidup. materi disampaikan dengan gaya yang santai. hari ini baru pembukaan, belum ada materi yang dibahas. hanya membahas soal pre-test tadi. kami dibagikan buku pegangan berbahasa arab.

pukul 8 pagi kelas pun usai. setelah membayar biaya pendidikan sebesar 50ribu. saya pun menuju parkiran. di depan masjid, seorang ikhwan berpenampilan jawa (dengan kain coklat dan blangkon) menghampiri saya dan mengucap salam. bertanya apa saya baru kali ini kemari. saya disuruh mengambil kantong plastik putih di tangan kirinya yang tidak sempurna. ternyata berisi teh manis didalam plastik. katanya dia mendapat makanan dan tidak mau meminum tehnya. saya terima dan berkenalan, namanya maulana.

mak na masih bercakap dengan akhwat. saya pun meluncur meninggalkan masjid. mau cari sarapan, pikir saya. tapi karena tidak tau mau makan apa, saya dapat pesan whatsapp dari mak na klo dia sedang di warung makan ketoprak jakarta. setelah menanyakan lokasinya, saya pun tiba dan memesan ketoprak telor jakarta (jauh-jauh ke jogja cuma buat makan ketoprak).
Menu Warung Makan Ketoprak Jakarta

Ketoprak telor jakarta
selesai mengisi perut pagi ini. kami pun berpisah. mak na mau pulang katanya. saya pun bertanya dimana pusat keramaian di jogja. saya teringat sunmor, pasar kaget yang diadakan tiap ahad pagi di area UGM yang kebetulan dekat dari sini. saya pun meluncur kesana dan memarkirkan motor. suasananya sangat ramai, banyak muda-mudi yang asyik bercengkrama dan melihat lapak-lapak pedagang. saya terlalu kenyang dengan ketoprak dan tidak berselera membeli apa-apa.
jalan menuju SunMor UGM
setelah satu jam berkeliling dan hawa semakin panas karena matahari mulai terik. saya pun melanjutkan berkeliling jogja, berharap bisa menemukan tempat yang enak buat nongkrong. saya menyesal tidak membawa laptop. akhirnya setelah beberapa jam berkeliling-keliling tanpa arah. akhirnya pukul 10an saya putuskan pulang. tiba di ruko dan beristirahat. hari ini tidak banyak kegiatan yang ingin dilakukan. cuma ingin istirahat saja.

saya pun melirik bahan makanan yang saya beli semalam. ada mie goreng dan mie rebus, sosis dan nutrijel. awalnya mau masak nutrijel tapi ternyata dicek perlu pake gula dan saya malas keluar membelinya. akhirnya masak mie goreng bulgogi, pengen ngerasain gimana rasanya. saya pun memanaskan air dan memasukkan sosis sapi. setelah sosis sudah cukup matang baru saya masukkan mie goreng. not bad, rasanya lezat dan sosisnya walau belum terlalu matang tapi cukup nikmat.
bahan makanan untuk beberapa hari

Mie Goreng Bulgogi dengan ekstra sosis sapi
setelah kenyang menikmati mie goreng, saya pun bersantai dan melewati hari dengan mendekam di kamar seharian. okeh, sepertinya lagu jason miraz cocok buat hari ini. i'm lazy. sore hari hujan turun dan berlanjut terus hingga malam. semoga esok cuaca cerah ya. aamiiin

Magelang, 9 November 2014
@ZuhriUtama

0 comments:

Post a Comment