Pages

Ads 468x60px

09 April 2015

3 penyakit yang ada pada setiap manusia

gambar : infokesehatantubuh.com
Bismillaah. saya mw share ceramah di acara arisan keluarga ahad lalu, seorang ustadz menyampaikan sebuah hadits yang menjelaskan bahwa pada setiap manusia, memiliki 3 penyakit ini. apakah penyakit itu?

1. azh-zhon. prasangka.
setiap diri kita pasti pernah memiliki prasangka terhadap siapapun, bahkan kepada tuhannya. prasangka ini ada yang baik dan ada yang buruk. nah, berhati-hatilah jika kita memiliki prasangka buruk di dalam hati kita. karena sebagian dari prasangka itu adalah dosa. jadi hati2 dalam berprasangka.
2. ath-thoir. mengganggap sial terhadap sesuatu
penyakit kedua itu adalah ath-thoir yaitu menganggap sial terhadap sesuatu. baik itu makhluk hidup atau mati. misalnya klo hari senin pake baju kotak-kotak bakalan sial. trus tiba-tiba dia jatuh pas pake baju kotak2, nah ini namanya ath-thoir. maka hati-hatilah dengan penyakit ini.
3. hasad atau dengki
hasad adalah perasaan berharap yang dimiliki oleh orang lain itu pindah kepada dirinya atau minimal hilang nikmat itu dari orang tsb. oleh karena itu kita diminta untuk berhati-hati dengan penyakit ini. setiap orang memiliki jatah rezekinya masing2. tidak akan meleset rezeki seseorang jika sudah ditentukan atasnya.
sang ustadz bercerita ada sebuah kisah betapa hasad itu bisa muncul kapan saja. ceritanya seperti ini.

suatu ketika, seorang penjual salak sedang berkeliling menawarkan dagangannya. ia pun tiba di sebuah kompleks yang bertuliskan "penjual/pedagang tidak diperbolehkan masuk dan berjualan di area kompleks". tapi sang penjual salak tetap masuk dan menawarkan dagangannya. tiba-tiba ia terpergok oleh satpam kompleks yang kemudian membawa sang penjual salak ke pos keamanan.
sang satpam pun berinisiatif untuk memberikan hukuman agar penjual salak ini jera. akhirnya sang satpam menghukumnya dengan memasukkan buah salak tersebut ke (maaf) lubang pantat sang penjual salak. satu salak masuk, sang penjual meringis menahan sakit. salak kedua pun masuk dan sang penjual menangis meronta-ronta. ketiga salak ketiga dimasukkan, sang penjual malah tertawa terbahak-bahak. sang satpam pun bertanya "kenapa ketika salak pertama dan kedua kamu berteriak tapi saat salak ketiga kamu malah tertawa?". sang penjual salak pun tetap tertawa terbahak2 sambil menunjuk ke arah gerbang masuk kompleks.

sang satpam pun menengok dan melihat penjual duren masuk ke kompleks dan mulai berjualan.

mungkin ceritanya agak lebay. tapi begitulah hasad/dengki. selain berharap nikmat seseorang pindah pada dirinya. hasad juga bisa berupa perasaan agar penderitaannya pindah kepada orang lain. maka berhati-hatilah dengan penyakit hasad
lalu adakah obat bagi ketiga penyakit itu? rasulullaah saw ternyata memberikan obat atas penyakit tersebut. apakah obat itu?

1. obat dari azh-zhon/prasangka adalah jangan diungkapkan. jika kita memiliki prasangka, jangan lah diungkapkan. cukup itu ada di diri kita. jika prasangka itu buruk, jadikanlah prasangka itu sebagai sikap waspada untuk mencari kebenarannya.

2. obat dari ath-thoir adalah lanjutkan saja. jika kita merasa sial terhadap suatu hal, maka lanjutkan saja. jika pake baju kotak-kotak di hari senin membuat sial. lanjutkan saja memakainya. jika bersama fulan bisa bikin sial, lanjutkan saja pertemanannya.

3. obat dari hasad adalah jangan dituruti. jika kita merasa dengki terhadap seseorang. jangan dituruti. kita memang sulit untuk tidak merasa dengki tapi janganlah rasa dengki itu membuat kita menjadi benci terhadap seseorang. karena jika sudah dengki dengan seseorang, meski dia wangi pasti kita akan selalu merasa bau di dekatnya. jika dia cantik/ganteng, pasti kita selalu menganggap dia jelek di mata kita. jika dia cerdas, pasti kita selalu menganggap dia bodoh. itulah dengki.

sekian sharing dari ceramah singkat di acara arisan keluarga ahad lalu. semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment